Tuesday Oct 16
May
19/10
Behavioral Modeling : State Machine Diagram V1
Last Updated on Wednesday, 19 May 2010 02:08
Written by admin
Wednesday, 19 May 2010 02:08

Untuk memperjelas aksi dan reaksi yang terjadi pada masing-masing class dan objek yang ada pada diagram sequence tadi, dirancang pula diagram state machine yang menggambarkan kondisi-kondisi pada tiap-tiap class dan objek tersebut dan kejadian-kejadian atau event apa yang menghasilkan perubahan terhadap kondisi-kondisi class dan objek tersebut. Pada diagram sequence sebelumnya digambarkan ada empat entitas yang menyusun sistem ini. Keempat entitas itu adalah display, function, sia dan openmeetings. Keempat entitas inilah yang akan digambarkan kedalam suatu diagram state machine sehingga semakin jelas bagaimana tingkah laku entitas-entitas tersebut.


Sebagaimana disebutkan sebelumnya, entitas pertama yang diperagakan pada diagram ini adalah display. Display merupakan komponen sistem yang berinteraksi langsung dengan pengguna. Kondisi-kondisi yang ditampilkan adalah bentuk pertukaran informasi antara sistem dengan penggunanya. Informasi-informasi ini ditampilkan pada layar monitor maupun antarmuka lain yang dipergunakan pengguna dalam mengakses sistem ini. Sementara event yang terjadi pada diagram ini merupakan aksi-aksi yang dilakukan pengguna terhadap sistem sehingga sistem memberikan respon yang menjadikan kondisinya berubah dari satu kondisi ke kondisi yang lain.

Entitas selanjutnya adalah function yang berperan sebagai pemroses perintah-perintah yang dikirimkan dari display. Kondisi-kondisi yang terjadi pada entitas ini adalah keadaan variabel dan atribut pada sistem yang memiliki nilai atau besaran tertentu sesuai dengan tipe data yang disimpan. Besaran dan nilai ini berubah dengan adanya event berupa aksi-aksi yang dibawa dari display maupun entitas lain seperti SIA dan openmeetings yang tak terpisahkan dengan entitas ini. Sebagaimana nampak pada diagram diatas, beberapa atribut dan variabel yang dijadikan parameter kondisi adalah data login, dan identitas kelas untuk melakukan perkuliahan virtual melalui sistem ini.

Perancangan diagram berlanjut pada entitas SIA. Entitas yang juga berfungsi mengakses basis data SIA ini akan menanti permintaan atau query data pada port tertentu. Bila ada permintaan yang masuk, kondisi entitas akan berubah dari menunggu permintaan menjadi memproses permintaan. Proses ini dilakukan dengan membaca basis data SIA sesuai permintaan yang masuk ke entitas ini. Setelah pembacaan basis data selesai akan ditampilkan data yang diminta atau pesan eror bila data tidak ditemukan.

Entitas terakhir yang digambarkan dengan diagram state machine adalah entitas openmeetings. Entitas ini yang menyediakan kelas virtual untuk diakses oleh sistem sehingga dapat ditampilkan pada pengguna. Adanya sesi antara sistem dengan entitas ini adalah suatu keharusan sehingga sepanjang proses yang menggunakan openmeetings harus membuat sesi tersendiri untuk masing-masing pengguna sehingga dapat memanfaatkan kelas-kelas yang ada. Karena itulah keadaan sesi merupakan kondisi yang digambarkan pada diagram ini. Setelah sesi terjadi dan siap digunakan, barulah sistem dapat membuka kelas dengan menggunakan sesi tersebut. Sesi akan expired dalam waktu tertentu yang mengharuskan sistem membuka sesi baru bila ingin mengakses openmeetings.



Leave a Reply