Monday Dec 17
May
19/10
Structural Modeling : Class Diagram V1
Last Updated on Wednesday, 19 May 2010 01:55
Written by admin
Wednesday, 19 May 2010 01:34

Structural Modeling menggambarkan struktur dari sistem yang dikembangkan. Struktur ini menggambarkan susunan objek-objek yang ada dalam perangkat lunak yang sedang dikembangkan. Objek ini tidak harus menggambarkan class-class yang ada pada bahasa pemrograman yang digunakan, melainkan hanya sebagai gambaran bagaimana struktur perangkat lunak yang sedang dikembangkan. Sehingga pada bagian ini yang disusun adalah gambaran fungsi dan kegunaan dari masing-masing komponen yang ada serta hubungan antara satu komponen dan yang lain. Diagram yang dapat dibuat pada bagian structural model adalah diagram class. Diagram ini menggambarkan struktur objek-objek dan elemen-elemen yang digambarkan dalam class yang saling terhubung satu sama lain oleh relasi. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada gambar berikut.


Gambar diatas menggambarkan diagram class dari sistem perkuliahan jarak jauh yang sedang dikembangkan. Nampak pada diagram ini beberapa class dengan relasi-relasinya yang menggambarkan struktur dari perangkat lunak yang sedang dikembangkan. Dari diagram diatas dapat dilihat komponen apa saja yang menyusun sistem ini. Bagian yang paling luar adalah display. Pada bagian ini atribut-atribut yang ada adalah profile dari pengguna serta perangkat yang digunakan seperti webcam, microphone dan speaker. Pada bagian display ini juga pengunjung dapat memasuki perkuliahan umum yang tersedia, atau melakukan login untuk mengakses komponen lain dari display. Komponen dari display antara lain class mahasiswa dan dosen. Kedua class ini baru terbuka setelah pengunjung melakukan login. Bagian display berhubungan langsung dengan bagian action yang melakukan proses-proses tersembunyi di dalam sistem diantaranya membuat session dan mengatur berkas yang ada pada sistem.
Kinerja class display memerlukan fungsi-fungsi yang tersimpan pada class function. Pada class ini tersimpan atribut-atribut untuk koneksi baik ke server MySQL untuk akses basis data SIA, serta atribut-atribut untuk koneksi ke server openmeetings yang digunakan dengan bantuan class nusoap yang mengatur koneksi antara php dengan perangkat lunak openmeetings. Dengan demikian class function dapat melakukan akses pada class sia untuk mengakses komponen-komponennya.
Sebagaimana nampak pada diagram diatas, komponen yang dimiliki class sia antara lain komponen user, karyawan, mhs dan krs. Pada komponen user atribut username dan password tersimpan. Atribut inilah yang digunakan class function untuk melakukan verifikasi login sehingga memungkinkan class display membuka komponenya. Sementara komponen mhs dan karyawan menyimpan atribut profil pengguna yang akan ditampilkan pada display. Komponen krs pada sia menyimpan atribut-atribut tentang mata kuliah yang memisahkan mahasiswa-mahasiswa dan dosen-dosen berdasarkan mata kuliah yang diambil atau diampu.
Sementara itu class openmeetings memiliki komponen session, room dan users. Komponen session dan users digunakan untuk membuat koneksi antara sistem yang dibuat dengan openmeetings. Koneksi ini diperlukan untuk membuka akses ke sistem openmeetings. Dengan akses yang terbuka, sistem yang dibuat dapat melakukan konfigurasi pada room yang ada baik menambahkan ruang baru maupun menghapus ruang yang ada. Selain untuk administrasi ruangan, akses tersebut juga diperlukan untuk memulai koneksi ke ruangan pertemuan yang ada untuk melangsungkan kegiatan perkuliahan jarak jauh dengan sistem ini.



Leave a Reply