Friday Jun 22
May
19/10
Functional Modeling : Use Case Diagram V1
Last Updated on Wednesday, 19 May 2010 01:55
Written by admin
Wednesday, 19 May 2010 01:26

Selain diagram aktifitas, pada model fungsional dapat dibuat satu diagram lagi yaitu use-case diagram. Diagram ini menggambarkan aktor-aktor yang terlibat dengan sistem dan use-case apa saja yang dapat dilakukanya. Aktor-aktor ini merupakan bentuk lain dari entitas yang ada pada diagram aktifitas sementara use-case yang dilakukan merupakan aktifitas-aktifitas yang dapat dilakukan aktor tersebut pada sistem ini. Keterangan lebih lanjut dapat dilihat pada gambar berikut.


Diagram diatas memeragakan interaksi antara sistem dengan lingkunganya yang digambarkan dengan aktor-aktor serta use case yang memberikan gambaran mengenai bagaimana interaksi itu terjadi. Pengunjung pertama kali masuk akan dihadapkan pada pilihan mengikuti perkuliahan umum, atau melakukan login untuk masuk sebagai pengguna sistem. Setelah login, pengunjung akan di verifikasi untuk mengetahui apakah pengguna itu mahasiswa, dosen atau admin.
Setelah pengunjung diverifikasi dan diidentifikasi apakah itu mahasiswa atau dosen, mereka akan dihadapkan pada menu-menu yang berbeda. Seperti halnya pada diagram aktifitas, masing-masing aktor ini dapat melakukan hal yang berbeda. Dosen selaku pengampu mata kuliah dapat menambahkan berkas pada sistem maupun mengambil berkas yang ada pada sistem, serta dapat mengampu kelas untuk kegiatan belajar mengajar. Mahasiswa pada sistem ini dimungkinkan untuk mengambil berkas-berkas dari dosen dan dapat mengikuti perkuliahan sesuai mata kuliah yang diambil pada KRS yang ada pada basis data SIA. Mahasiswa juga bisa menambahkan berkas pada sistem ini untuk kepentingan pengumpulan tugas, dan lain-lain.



Leave a Reply