Monday Dec 17
May
19/10
Functional Modeling : Activity Diagram V1
Last Updated on Wednesday, 19 May 2010 02:12
Written by admin
Wednesday, 19 May 2010 01:23

Functional Modeling mendeskripsikan proses pekerjaan dan interaksi dari sebuah sistem informasi dan lingkunganya. Pada pengembangan berorientasi objek, ada dua diagram yang digunakan untuk menggambarkan interaksi ini yaitu diagram aktifitas dan diagram use case. Diagram aktifitas menggambarkan alur dan logika pekerjaan yang terjadi pada sistem tersebut. Diagram pertama yang dibuat pada functional model adalah diagram aktifitas. Diagram ini menggambarkan aktifitas-aktifitas yang terjadi pada sistem. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat pada gambar berikut.

Diagram aktifitas disamping menggambarkan pemisahan pengunjung antara pengguna SIA dan non pengguna SIA. Pemisahan ini dilakukan dengan verifikasi login yang hanya bisa dilakukan oleh pengguna dengan username dan password SIA. Pengunjung yang bukan pengguna SIA hanya akan dapat melakukan aktifitas-aktifitas pengunjung. Sementara pengguna SIA akan dipisahkan lagi menjadi tiga sesuai level akses yang dimiliki. Ketiga level akses ini adalah mahasiswa, dosen dan admin. Dari pemisahan ini didapatkan empat entitas berbeda dengan aktifitas yang berbeda pula. Entitas-entitas ini memiliki swimlane tersendiri dalam diagram aktivitas yang digambarkan sebagai berikut.

Gambar aktifitas pada entitas pengunjung diatas memperlihatkan bahwa setiap pengunjung tanpa melakukan verifikasi login dapat melihat daftar perkuliahan umum. Perkuliahan umum ini merupakan fasilitas yang disediakan dan dapat diakses semua pihak meski bukan civitas akademika Universitas Diponegoro. Daftar perkuliahan umum ini memuat kelas yang tersedia. Apabila pengunjung memilih masuk ke dalam ruang perkuliahan umum, pengunjung dapat melihat tampilan pada whiteboard, mengirim dan menerima streaming audio visual antara terminal yang digunakan pengunjung dengan server untuk dapat saling berkomunikasi dengan pengampu kelas maupun pengunjung lain yang hadir di kelas serta mengambil berkas yang ada pada kelas. Aktifitas berakhir setelah pengunjung meninggalkan kelas dan kembali ke menu utama. Sementara itu, entitas mahasiswa ditunjukkan dalam gambar berikut.

Gambar disamping memaparkan aktifitas yang dilakukan oleh entitas mahasiswa. Pada awal proses setelah login, mahasiswa dihadapkan dengan daftar mata kuliah yang diambil sesuai dengan data KRS pada SIA. Pada daftar ini pula mahasiswa dapat melihat ruang kelas mana saja yang dapat diikuti. Bila seorang mahasiswa memasuki ruang perkuliahan, maka mahasiswa tersebut dapat mengirim dan menerima streaming audio visual dari dan ke kelas yang dihadiri serta mampu melihat whiteboard yang ada di kelas tersebut. Mahasiswa juga dapat mengambil berkas yang ada pada kelas. Aktifitas-aktifitas yang dilakukan pada entitas dosen dapat dilihat pada gambar berikut.

Pada awal masuk setelah login, dosen dihadapkan dengan daftar mata kuliah yang diampu. Dosen bisa memasuki ruang perkuliahan dan mengirim maupun menerima stream audio visual dari dan ke kelas yang bersangkutan. Selain streaming multimedia, dosen juga dapat melakukan pengisian pada whiteboard yang akan muncul di layar seluruh mahasiswa yang hadir dan juga mengatur berkas-berkas yang ada di dalam kelas.



Leave a Reply